Membagun suatu mesin CNC tidak lagi hal yang susah, siapa sajakah kemungkinan sekali membuatnya. Kemajuan tehnologi software waktu terakhir ini turut ambil fungsi penting dalam membuat lebih mudah struktur kontrol suatu mesin cnc. CNC yaitu singkatan dari Computer Numeric Control.

Dari kata itu udah terbesit di pikiran kita kalau mesin cnc yaitu mesin yang dikontrol oleh komputer. Software CNC yang berjalan dengan struktur operasi windows banyak dipasarkan dipasaran, jadi contoh : mach3 dan usb cnc controller, begitu juga dengan piranti electronicnya. Karena itu, yang penting dijalankan cuma membikin strukstur kerangka sesuai dengan kesukaan, merancang elemen electronicnya, dan koneksikan ke struktur komputer.

Di bawah ialah sistem grafik mesin CNC berbasiskan pc dekstop. Setelah kita bahas dalam artikel sebelumnya tentang pekerjaan mesin CNCpekerjaan mesin CNC,Dalam artikel ini akan tidak kita ulas software dan piranti electronicnya dengan detil, akan dimulai dengan perkenalkan beberapa elemen penting dari suatu mesin CNC.

Penentuan elemen tergantung berbahan benda kerja yang selanjutnya bakal diselesaikan. Di bawah ialah beberapa elemen buat bikin mesin CNC.

Manipulator

Manipulator yaitu sisi dari mesin yang miliki fungsi mengganti pergerakan dari aktuator jadi pergerakan yang dapat digunakan mesin. Secara umum mesin cnc, aktuator miliki pergerakan perputaran dan manipulator miliki funsi menggantinya jadi pergerakan translasi. Di bawah ialah beberapa manipulator yang kerap kali digunakan dalam mesin CNC.

mesin CNC router

  • Ballscrew

Ballscrew yaitu pengubah pergerakan berputar-putar motor jadi pergerakan translasi (manipulator gerak). Kefungsiannya sama dengan ulir daya. Di ballscrew jangan ada ketinggalan gerak balik atau umum disebutkan dengan backlash, karena bakal mengakibatkan akurasiannya jadi berkurang.

 

Sisi elemen di ballscrew terpisah jadi 2, sisi yang berputar-putar (ulir), dan sisi yang bergerak translasi seperti mur (biasa disebutkan nut ballscrew). Ballscrew miliki pakem dalam rancangan dan penempatan bersama bantalannya. Buat pentunjuk rancangan ballscrew dapat diunduh di file di bawah ini (document rancangan ballscrew).

  • Timing Pulley Dan Timing Belt.

Timing pulley dapat juga dipakai jadi manipulator gerak dari perputaran motor (contoh dapat disaksikan di gambar dibawah).

Rasio timing pulley mereduksi kecepatan pemutaran motor dan tingkatkan torsi putarnya, maka dari itu dapat diterima kebolehan buat menarik atau gerakkan susunan mesin.

Besarnya kecepatan dan torsi tergantung dari perbedaan diameter pulley pulley kecilnya dan besar.

  • Rack Dan Pinion Gear.

Rack dan pinion yaitu sepasang roda gigi lempeng dan gear yang dipakai buat mengganti pergerakan perputaran motor jadi pergerakan translasi mesin.

Rack dan pinion sesuai dipakai buat mesin memiliki ukuran panjang dan besar. Buat dapat bekerja secara baik, rack dan pinion perlu prosedur teristimewa yang bisa membantu ketidak rataan permukaan rack gear.

Akuator

Aktuator yaitu pendorong pokok suatu mesin. Motor stepper dan motor servo yaitu actuator dari mesin CNC. Masing masing miliki kekurangan dan kelebihan.

Keuntungan memanfaatkan motor stepper yaitu harga yang relatif murah, namun kecepatan putarannya relatif lamban. Dengan memanfaatkan motor servo ongkos membikin CNC bertambah tinggi, tetapi kecepatan gerak motornya jadi kelebihan utamanya.

Banyak di antara proses pemesinan perlu kecepatan yang rendah saja, sebab itu pilihan pemakaian motor stepper menjadi alternatif diva dalam merancang mesin CNC.

  • Motor Stepper.

Motor stepper yaitu motor yang bekerja memanfaatkan sesi/pulsa listrik buat berputar-putar. Kecermatan motor stepper tergantung di derajat cara/sesi dari motor itu. Ada beberapa macam motor stepper, antara lainnya yang kerap digunakan di MPI yaitu type bipolar.

Beberapa ciri motor stepper bipolar dapat disaksikan dari jumlahnya kabel yang ada, umumnya sejumlah 4 atau 6 (*untuk 6 kabel ada warna kuning dan putih).

motor stepper

Teknik lain mengenali motor bipolar yaitu memanfaatkan multitester dengan menghitung rintangan/keterhubungan masing masing kabelnya, bila motor itu bipolar jadi kabel kabelnya bakal berkumpul jadi 2 kutub yang berbeda.

  • Motor Servo.

Motor servo yaitu struktur motor close loop, dengan memanfaatkan sensor status di as rotornya (*contoh sensor : optical encoder). Type servo miliki banyak keunggulan dibandingkan stepper. Kecermatan dan kecepatan gerak motor servo bertambah tinggi ketimbang motor stepper.

Motor servo dapat dibentuk dari motor AC atau motor DC. Di kemajuan saat ini, motor servo tak mesti berawal dari fabrikasi brand termasyhur, motor DC sisa dapat juga dibikin jadi motor servo DC buat kepentingan CNC click disini.

Komponen Elektronik.

  • Breakoutboard

Breakoutboard (BOB) yaitu card electronic yang berperan menyambungkan isyarat data dari dan ke-komputer dengan piranti input atau output.

Breakoutboard BOB adalah elemen electronic pokok yang dipakai buat merancang mesin cnc, menyambung isyarat dari pc ke arah driver motor atau relay, dan menyambungkan isyarat input dr luar buat dapat dibaca komputer.Breakoutboard BOB ada yang memanfaatkan parallel PORT pc DB25 atau USB.

  • Driver Motor

Driver motor berperan buat gerakkan motor. Macam driver mengikut macam motor yang diaturnya, buat motor stepper bipolar contoh drivernya yaitu driver TB6600, dan buat motor DC servo contoh drivernya yaitu Geckodrive 320X.

Driver motor stepper

 

  • Komputer.

Komputer yaitu “otak” atau pusat komputasi total system. Mesin CNC kekinian dapat dibuat langsung dari dekstop pc atau PC Netbook rumahan. Struktur komunikasi dapat memanfaatkan parallel port DB25 atau USB.

Pemrosesan data bahasa berwujud GCODE dijalankan oleh pc, kemudian dilanjutkan lewat port parallel DB25 atau USB berwujud perintah atau isyarat gerak buat motor. Software cnc yang dapat dipakai ada berbagai macam, di situs ini kami menunjuk di software mach3 dengan basis OS Windows.

  • Power Suplay.

Power suplay berperan menyiapkan Catu Daya listrik yang diperlukan motor stepper atau motor servo buat dapat bergerak. Macam dan jenisnya banyak variasi, penentuan power suplay dapat didasari di konsumsi daya dari masing masing aktuator yang dipakai.

  • Sensor/limit Switch.

Sensor pula diperlukan di mesin cnc. Secara simple sensor yang dipakai yaitu limit switch yang berperan jadi pemisah pergerakan dan seting titik 0 dari mesin.

Komponen Mekanik.

  • Rail Dan Bearing Blok.

Rail adalah elemen penting dari suatu mesin CNC. Ketepatan dan akurasian gerak sangat tergantung di elemen ini. Rail berperan jadi pemandu pergesekan mesin pada sebuah axis gerak.

Ada sekian banyak type rail yang dapat disinkronkan dengan kepentingan harga dan beban. Di bawah ini gambar contoh rail dan bearing blocknya

  • Flexible Coupling.

Flexible coupling dipakai jadi penerus perputaran as motor pada balscrew. makna flexible dipakai karena coupling type ini mempunyai sifat dapat bengkok dan lentur. Pembawaan flexibilitasnya diperlukan buat mengkompensasi miss-alignment di antara as ballscrew dan motor.

 

 

 

 

Mengenal 3 bagian penting pada mesin CNC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *