Cutting Plasma adalah proses memotong lewat materi konduktif elektrik melalui udara yang meniupkan Plasma panas. Bahan biasa yang dipotong dengan obor plasma mencakup baja, baja tahan karat, aluminium, kuningan dan tembaga, meskipun logam konduktif lainnya mungkin dipotong juga. Cutting Plasma sering digunakan dalam pembuatan barang-barang, perbaikan otomotif dan restorasi, konstruksi industri. Karena kecepatan tinggi dan pemotongan presisi dikombinasikan dengan biaya rendah, Cutting plasma terlihat luas penggunaanya dari skala besar industri CNC ke toko-toko kecil.

isi

 1 Proses

 2 Sejarah

 3 keselamatan

 4 Metode Awal

 5 Cutting plasma inverter

 6 Metode pemotongan CNC

 7 Konfigurasi pemotongan plasma CNC

 7.1 2-dimensi / 2 axis plasma cutting

 7.2 3-dimensi / 3+ Axis plasma cutting

 7.3 pemotongan plasma tabung dan bagian

 8 Teknologi baru

 9 Biaya

Proses

Proses Cutting plasma dasar, melibatkan pembentukan saluran listrik yang super panas, elektrik ionized gas yaitu plasma dari Cutting plasma itu sendiri, menggunakan media kerja untuk dipotong, sehingga membentuk sirkuit listrik yang lengkap kembali ke cutting plasma melalui penjepit landasan. Ini di jangakau oleh gas (Oksigen, udara, inert dan lainnya tergantung pada bahan yang dipotong) yang ditiupkan melalui lubang yang terfokus dengan kecepatan tinggi menuju bagian kerja.

Cutting Plasma

Sebuah busur listrik kemudian dibentuk dalam gas, antara elektroda dekat atau diintegrasikan ke dalam corong gas dan bagian kerja itu sendiri. Busur listrik ionisasi beberapa gas, sehingga menciptakan sebuah saluran listrik konduktif plasma. Sebagai listrik dari obor pemotong berjalan menuruni plasma ini itu memberikan panas yang cukup untuk melelehkan objek kerja. Pada saat yang sama, sebagian besar plasma kecepatan tinggi dan gas terkompresi meniup logam cair panas keluar, sehingga memisahkan, yaitu memotong, bagian objek kerja.

Cutting Plasma adalah cara yang efektif untuk memotong material tipis dan tebal. Obor yang dikerjakan dengan tangan biasanya dapat memotong lempeng baja setebal 38 mm, dan obor yang dikendalikan oleh komputer yang lebih kuat dapat memotong baja hingga setebal 150 mm.

karena pemotong plasma menghasilkan “corong” yang sangat panas dan terlokalisasi, pemotong itu sangat berguna untuk memotong logam dengan bentuk yang melengkung atau bersudut.

Busur yang dihasilkan dalam proses tiga langkah. Percikan tegangan tinggi membuat udara di dalam kepala obor menjadi lebih ringan. Ini membuat konduktif udara dan memungkinkan “pilot busur “terbentuk. Pilot bentuk busur dalam kepala obor, dengan arus mengalir dari elektroda ke nozzle di dalam kepala obor.

Busur pilot membakar nozzle, bagian yang disempurnakan, sementara dalam fase ini. Udara kemudian meniup nosel plasma menuju pekerjaan, menyediakan jalur arus dari elektroda ke arah pekerjaan. Ketika sistem kontrol merasakan arus yang mengalir dari elektroda ke pekerjaan, itu memotong koneksi listrik ke nozzle.

Arus kemudian mengalir dari elektroda ke arah pekerjaan, dan bentuk busur di luar nozzle. Pemotongan kemudian dapat melanjutkan, tanpa membakar nozzle. Kehidupan Nozzle dibatasi oleh jumlah busur dimulai, tidak memotong waktu.

Sejarah

Cutting Plasma tumbuh dari pengelasan Plasma pada tahun 1960-an, dan muncul sebagai cara yang sangat produktif untuk memotong lembaran logam dan piring pada tahun 1980-an. ini lebih menguntungkan daripada pemotongan “logam melawan logam” tradisional dengan tidak menghasilkan keping logam, dengan memotong secara akurat, dan menghasilkan pinggiran yang lebih bersih daripada pemotongan bahan bakar oksida.

Pemotong plasma masa awal itu besar, agak lambat dan mahal, dan karena itu cenderung dibaktikan untuk mengulangi pola-pola pemotong dalam bentuk “produksi massal”.

Seperti halnya alat-alat mesin lainnya, teknologi CNC (kendali numerik komputer) diterapkan pada mesin pemotong plasma pada akhir tahun 1980-an, sehingga mesin pemotong plasma dapat lebih fleksibel untuk memotong beragam bentuk “karena permintaan” berdasarkan serangkaian instruksi yang diprogram ke dalam kendali numerik mesin.

Mesin cutting plasma CNC ini pada umumnya hanya berupa pemotong pola dan bagian-bagian dari baja, dengan hanya menggunakan dua sumbu gerak (yang disebut memotong X Y).

Keamanan

Perlindungan mata dan perisai wajah yang tepat diperlukan untuk mencegah kerusakan mata yang disebut mata busur serta kerusakan dari puing-puing.

Hal ini dianjurkan untuk menggunakan warna lensa hijau #5. OSHA merekomendasikan shade 8 untuk arc current kurang dari 300 a, tetapi menyatakan bahwa “nilai – nilai ini berlaku jika busur yang sebenarnya jelas terlihat” Pengalaman telah menunjukkan bahwa filter yang lebih ringan dapat digunakan ketika busur disembunyikan oleh lembar kerja. ” Lincoln Electric, produsen peralatan pemotong plasma, mengatakan, “umumnya, bayangan gelap #7 sampai #9 dapat diterima.”

keamanan

 

Longevity Global, Inc., produsen lain, menawarkan tabel yang lebih spesifik ini untuk perlindungan mata terhadap pembibitan Plasma pada amputasi bawah :

Sarung tangan kulit, celemek dan jaket juga disarankan untuk mencegah luka bakar akibat percikan api dan logam panas.

Bekerja di tempat yang bersih dan bebas dari cairan yang mudah terbakar, bahan-bahan dan gas sangatlah penting. Percikan api dan logam panas dari pemotong plasma dapat dengan cepat menimbulkan kebakaran jika tidak terpisah dari benda-benda yang mudah terbakar.

Cutting Plasma dapat mengirim percikan panas terbang hingga 5 kaki jauhnya dalam situasi tertentu. Operator mesin biasanya buta terhadap api yang telah dimulai karena mereka berada di balik perisai wajah mereka. Ambillah tindakan pencegahan untuk memastikan tempat kerja anda bebas dari bahaya kebakaran.

Metode start

Cutting Plasma menggunakan sejumlah metode untuk memulai busur. Dalam beberapa unit, busur dibuat dengan menempatkan obor berhubungan dengan bagian kerja.

Beberapa pemotong menggunakan tegangan tinggi, sirkuit frekuensi tinggi untuk memulai busur. Metode ini memiliki sejumlah kerugian, termasuk risiko listrik, kesulitan perbaikan, pemeliharaan kesenjangan percikan, dan jumlah besar emisi frekuensi radio.

Cutting Plasma bekerja di dekat alat elektronik yang sensitif, seperti peranti keras CNC atau komputer, memulai busur pilot dengan cara lain. Nozzle dan elektroda dalam kontak. Nozzle adalah katoda, dan elektroda adalah anode.

Ketika gas plasma mulai mengalir, nozzle ditiup ke depan. Sebuah metode ketiga, kurang umum adalah pelepasan kapasitif ke dalam sirkuit utama melalui sebuah pengatur silikon dikendalikan.

Cutting plasma Inverter

Cutting plasma Analog, biasanya membutuhkan lebih dari 2 kilowat, menggunakan transformator frekuensi berat. Cutting plasma Inverter meralat pasokan listrik ke DC, yang dimasukkan ke transistor frekuensi tinggi dari 10 kHz menjadi sekitar 200 kHz.

Tinggi mengubah frekuensi memungkinkan transformer yang lebih kecil menghasilkan ukuran keseluruhan dan pengurangan berat.

Transistor yang digunakan awalnya adalah mosts, tetapi sekarang semakin menggunakan igts. Dengan MOSFETs sebanding, jika salah satu transistor aktifkan sebelum waktunya dapat menyebabkan kegagalan cascading dari seperempat inverter.

Sebuah penemuan berikutnya, igts, tidak sebagai subyek ke mode kegagalan ini. Umumnya, igts dapat ditemukan pada mesin-mesin canggih yang tidak dapat digunakan untuk menyamai transistor MOSFET.

Modus tombol topologi disebut sebagai transistor ganda off-line ke depan konverter. Meskipun lebih ringan dan lebih kuat, beberapa pemotong plasma inverter, terutama yang tanpa koreksi faktor kekuatan, tidak dapat dijalankan dari generator (itu berarti produsen unit inverter melarang melakukannya; Hal ini hanya berlaku untuk kecil, generator portabel ringan). Namun model baru memiliki sirkuit internal yang memungkinkan unit-unit tanpa koreksi faktor daya untuk berjalan pada generator daya cahaya.

Metode pemotongan CNC

Beberapa produsen pemotong plasma membangun tabel pemotongan CNC, dan beberapa memiliki cutter dibangun ke dalam meja. Meja CNC memungkinkan komputer untuk mengontrol kepala obor menghasilkan potongan tajam yang bersih.

Peralatan plasma CNC Modern mampu memotong beragam sumbu dari bahan yang tebal, sehingga terbukalah peluang untuk menyambung lapisan rumit yang tidak mungkin dengan cara lain. Untuk bahan yang lebih tipis, pemotongan plasma secara progresif digantikan dengan pemotongan laser, terutama karena kemampuan pemotong laser yang unggul.

Penggunaan khusus pemotong Plasma CNC adalah industri HVAC. Proses perangkat lunak informasi tentang ductwork dan menciptakan pola datar untuk dipotong di meja pemotongan oleh obor plasma. Teknologi ini telah meningkat pesat produktivitas dalam industri sejak pengenalannya pada awal 1980-an.

Pemotong Plasma CNC juga digunakan di banyak bengkel kerja untuk membuat logam hias. Misalnya, rambu-rambu komersial dan perumahan, seni dinding, tanda-tanda alamat, dan seni kebun di luar ruangan.

Dalam beberapa tahun terakhir telah ada perkembangan bahkan lebih. Menurut standar pemotongan meja mesin secara horisontal, tetapi sekarang mesin pemotong plasma CNC vertikal tersedia, menyediakan jejak yang lebih kecil, fleksibilitas, keselamatan optimal, dan operasi lebih cepat.

Konfigurasi pemotongan plasma CNC

Ada 3 konfigurasi utama dari pemotongan Plasma CNC, dan mereka sangat dibedakan oleh bentuk bahan sebelum pemrosesan, dan fleksibilitas potongan kepala.

 2-dimensi / 2-axis plasma cutting

Ini adalah bentuk yang paling umum dan konvensional dari pemotongan Plasma CNC. Memproduksi profil datar, di mana pinggiran dipotong berada pada 90 derajat ke permukaan material. Potongan plasma CNC berkekuatan tinggi diatur dengan cara ini, mampu memotong profil dari pelat logam hingga setebal 150 mm.

 3-dimensi / 3+ Axis plasma cutting

Sekali lagi, proses untuk memproduksi profil datar dari lembaran atau pelat logam, namun dengan pengenalan sumbu tambahan rotasi, kepala yang memotong mesin pemotong plasma CNC dapat miring sementara diambil melalui jalur pemotongan 2-dimensi konvensional.

Hasil dari ini adalah dipotong tepi pada sudut selain 90 derajat ke permukaan materi, misalnya 30-45 derajat sudut. Sudut ini berkesinambungan sepanjang ketebalan materi.

Ini biasanya diterapkan dalam situasi di mana profil yang dipotong akan digunakan sebagai bagian dari fabrikasi welded sebagai sudut sudut yang membentuk bagian dari persiapan las.

Ketika persiapan las diterapkan selama proses pemotongan plasma CNC, operasi sekunder seperti menggiling atau menggunakan mesin dapat dihindari, mengurangi biaya. Kemampuan pemotongan sudut dari 3 dimensi plasma memotong dapat juga digunakan untuk membuat lubang counterdan sudut chamfer profil.

Pemotongan plasma tabung dan bagian.

Digunakan dalam pemrosesan tabung, pipa atau bentuk apapun dari bagian yang panjang. Media yang terpotong plasma biasanya tetap tidak bergerak dan diputar di sekitar sumbu longitudinal. ada beberapa konfigurasi di mana, seperti dengan pemotongan plasma 3 dimensi, potongan kepala yang terpotong dapat memiringkan dan memutar.

Hal ini memungkinkan dilakukannya sobekan dengan sudut kemiringan yang tepat melalui ketebalan tabung atau bagian, yang biasanya dimanfaatkan karena pembuatan pipa proses di mana pipa yang dipotong dapat dipasang sebagai persiapan las sebagai ganti tepinya yang lurus.

Teknologi baru

Dalam sepuluh tahun terakhir produsen obor plasma telah direkayasa model baru dengan nozzle lebih kecil dan busur plasma tipis. Hal ini memungkinkan dekat-laser presisi pada plasma dipotong tepi.

Beberapa produsen telah menggabungkan kontrol presisi CNC dengan obor ini untuk memungkinkan pembuatnya menghasilkan bagian yang membutuhkan sedikit atau bahkan tidak perlu penyelesaian.

Transistor yang digunakan awalnya adalah mosts, tetapi sekarang semakin menggunakan igts. Dengan MOSFETs sebanding, jika salah satu transistor aktifkan sebelum waktunya dapat menyebabkan kegagalan cascading dari seperempat inverter.

Sebuah penemuan berikutnya, igts, tidak sebagai subyek ke mode kegagalan ini. Umumnya, igts dapat ditemukan pada mesin-mesin yang tinggi saat ini yang tidak memungkinkan untuk mencocokan dengan transistor MOSFET yang memadai.

Biaya

Obor Plasma dulunya cukup mahal. Untuk alasan ini, mereka biasanya hanya terdapat di toko-toko pengelasan profesional dan toko-toko pribadi yang sangat lengkap dan diperlengkapi dengan barang-barang pribadi. Akan tetapi, obor plasma modern semakin murah, dan sekarang berada dalam kisaran harga dari banyak kolektor, kurang dari 300 dolar.

Unit yang lebih tua mungkin sangat berat, tetapi masih portabel, sementara beberapa yang lebih baru dengan teknologi inverter berat hanya sedikit, namun setara atau melebihi kapasitas orang yang lebih tua.

 

Bagi yang membutuhkan jasa cutting plasma silahkan klik disini.disini.

Cutting Plasma adalah proses memotong lewat materi konduktif elektrik
Tag pada:                                                    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *