7 Mata Bor Mesin CNC – bagi sebagian orang mungkin masih awam dengan jenis mata bor untuk mesin cnc, mata bor mesin cnc banyak jenis dan bentuknya. disini saya akan memberi sedikit penjelasan tentang mata bor mesin cnc. saya disini menggunakan mesin cnc router yang di rakit oleh mas Ari Wibowo asal nganjuk jawa timur.

Dalam pengerjaan suatu produk menggunakan mesin cnc router kita harus mendasin dahulu apa yang akan kita produksi, adapun softwere yang digunakan untuk mendesain di antaranya yaitu Auto Cad, Corel draw, vectric aspire, artcam, dll. tapi untuk saya pribadi lebih suka menggunakan Correl draw dan vectric aspire untuk membuat G-code nya, karna menurut saya lebih praktis dalam pengerjaannya. Didalam softwere Cam kita harus tau tools path apa yang akan kita gunakan. Tools path itu adalah nama alat, nah dalam tools path itu kita akan di berikan pilihan berbagai mata bor mesin cnc kita.

Adapun jenis mata bor mesin cnc adalah sebagai berikut :

  1. 1. End mills.
  2. Ball nose.
  3. V-bits.
  4. Form Tools.
  5. Engraving.
  6. Specialis Diamond Drag.
  7. Drills.

Mari kita bahas satu persatu dari ke tujuh mata bor mesin cnc dan fungsinya.

1. Mata Bor End Mills.

 

Mata bor End Mills

Mata Bor End Mills

End Mills

Mata bor End Mills mempunyai bentuk seperti mata bor biasa namun fungsi dari mata bor ini lebih ke pemotongan atau sering di sebut juga Cutting, keunikan dari mata bor end mills ini adalah bisa memotong objek ke semua arah. Adapun dilihat dari bentuk mata bor end mills ini memiliki 2 macam kategori yaitu:

  • Mata bor end mills yang mempunyai sudut heliks lurus di bagian pinggir, adayang menggunakan satu sudut heliks dan ada juga yang dua sudut heliks. biasanya jenis ini di gunakan untuk pemotongan plastik, pvc, acp, resindan kaca.
  • Mata bor end mills yang mempunyai sudut heliks spiral atau ulir, adapun untuk sudut heliks nya mempunyai beberapa ulir dari 2 sudut heliks sampai 8 sudut heliks dan memiliki ulir mulai dari 30° 45° dani 60°.biasanya jenis mata bor end mills ini digunakan untuk pemotongan logam seperti alumunium.

Jadi pada dasarnya dari kedua jenis mata bor end mills tersebut itu mempunyai kegunaan yang sama yaitu memotong atau cutting, tinggal kita menentukan jenis mata bor end mills yang mana yang akan kita pakai setelah kita menentukan objek yang akan kita potong.

2. Mata Bor Ball Nose.

Mata bor Ball nose

Mata bor ball nose miliki ujung mata pisau yang melingkar seperti bola. mata bor ball nose lebih banyak di gunakan untuk pembuatan ukiran 3D atau Relief. dalam pembuatan ukiran 3D atau relief sendiri biasanya di bagi menjadi 2 tahap yaitu :

  • Tahap Rouching.

Tahap Roucing ini biasa dikerjakan menggunakan mata bor end mills bertujuan utnuk memangkas bagian objek yang akan di jadikan ukiran 3D atau relief agar dalam tahapa selanjutnya mata bor ball nose tidak harus terlalu bekerja keras untuk melakukan pekerjaanya, karena mata bor ball nose ini rata – rata memiliki ukuran yang sanga kecil, antara 1mm sampai 3mm saja.

  • Tahap Finishing.

Dalam tahap finishing ini kita baru menggunakan mata bor ball nose, seperti yang sudah saya jelaskan di tahap Roucing di atas bahwa mata bor ball nose memiliki ukuran yang kecil, karena semakin kecil mata bor ball nose maka semakin bagus hasil ukiran 3D atau relief yang akan kita buat dan dengan semakin kecil nya mata bor ball nose yang kita pakai makan akan semakin lama dal waktu pengerjaan ukiran 3D atau relief yang kita buat, begitu juga sebaliknya. semakin besar mata bor ball nose maka akan semakin cepat namun hasilnya akan sedikit berkurang dalam pengerjaan ukiran 3D atau relief.

3. Mata Bor V-bit.

Mata bor V-bit

Jenis mata bor v-bit ini mempunya ujung mata pisau lancip atau seperti bentuk huruf ” V ” dengan sudut 60° dan 90°. mata bir v-bit biasa di gukana untuk membuat ukiran 2D atau gambar datar saja, seperti pada pembuatan ukiran untuk pintu rumah, hiasan dinding, kaligrafi dll. Namun dalam mengerjakan ukiran 2D ini harus mempunyai objek dengan bidang yang sangat datar karna jika bidang obejek nya tidak datar maka hasilnya tidak akan memuaskan.

4. Mata Bor Form Tools

Mata bor form tools ini biasa di gunakan untuk membuat fropil pada objek datar seperti objek untuk pintu, jendela, meja, kursi dan lain – lain. Namun untuk saya pribadi sangat jarang menggunakan jenis mata bor form tools ini pada mesin cnc yang saya pakai. karna kegunaanya tidak terlalu di perlukan.

5. Mata Bor Engraving.

Mata bor Engraving

Dari segi bentuknya mata bor engraving memiliki kemiripan dengan mata bor v-bit yaitu mempunyai bentuk mata pisau lancip atau seperti bentuk huru ” V ” namun yang membedakan adalah bentuk sisinya, bentuk sisi yang satu datar dan sisi yang satunya adlah melingkar jadi kalo di lihat dari bawar seperti setengah lingkaran seperti bentuk huruf ” D ” serta mempunyai sudut mulai dari 45° , 60°, dan 90° dengan memiliki ketajaman kurang dari 1mm. Mata bor engraving ini biasa digunakan untuk meng grafir objek datar sperti grafir pada objek acrylic, atau bisa juga dalam membuat photo halftone.

6. Mata Bor Specialis Diamond Drag.

Mata bor spesialis diamond drag ini telah memulai jarang-jarang dipakai selain harga yang mahal dan kegunaan bagi saya pribadi,Sebab dasar kerjanya mempercayakan proses menggores permukaan.Hal demikian lah yang membuat prosesnya terjadi lama. Maka dari itu kalah cepat dengan macam yang lain gunakan proses mengeduk atau gigi berputar-putar.Walau begitu, mata bor ini sesungguhnya cukup tahan lama sebab dibikin dari intan yang disebut zat padat yang amat tahan guratan.

7. Mata Bor Drills.

Mata bor drills ini sama fungsinya dengan mata bor biasa yaitu untuk melubangi objek yang kita punya.

pada dasarnya dalam menggunakan mesin cnc kita harus memahami antara objek dan mata bor mesin cnc mana yang akan kita pakai. karena ketika kita salah memilih mata bor mesin cnc pada toolpath softwere maka hasilnya akan berbeda.

Artikel ini saya buat ini saya buat dari apa yang saya ketahui dan apa yang saya amati dari softwere yang saya gunakan menggunakan mesin cnc, mohon maaf jika ada salah kata dalam penyampaian karna saya hanya belajar secara otodidak tidak melalui sekolah atau kursus dalam menjalankan mesin cnc.

NB: Sertakan link sumber jika ingin kopi paste artikel ini

Jika anda berminat dalam jasa kami bisa hubungi Toko BMB semarang silahkan klik disini untuk informasi seputar jasa menggunakan mesin cnc.

 

 

7 Mata Bor Mesin CNC
Tag pada:                                        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *